Selasa, 29 Agustus 2023

PRAKTIK PROMOSI KESEHATAN JIWA

 STIKES Griya Husada Sumbawa 

          Praktik promosi kesehatan jiwa di Puskesmas Unit 1 Sumbawa, Puskesmas Unter Iwes dan Rumah Sakit Umum Daerah Sumbawa . 

Selasa tanggal 29 Agustus 2023 merupakan hari kedua kegiatan praktik. setiap hari mahasiswa di wajibkan untuk melaporan kegiatan praktik promosi kesehatan di masing-masing lokasi praktik. 

silahkan pada mahasiswa melakukan update kegiatan di kolom komentar, jangan lupa untuk mencantumkan lokasi praktik dan nama mahasiswa 

20 komentar:

  1. Nama : Riska Pebrana
    Nim : 1KA20022
    Lokasi praktek: Puskesmas unit 1 Sumbawa
    Kegiatan: Memberikan edukasi kepada lansia mengenai penyakit nya, dari hasil yang saya dapat kan ada tensi darah yang rendah dan ada juga yang tinggi. Dari informasi yang saya dapakan di sini ya itu kebanyakan yang menderita penyakit insomnia.

    BalasHapus
  2. Nama: Riska Pebrana
    Nim: 1KA20022
    Lokasi praktek: puskesmas unit 1 Sumbawa
    Kegiatan: Melakukan edukasi kepada lansia terkait penyakit nya, dari hasil yang saya dapatkan ada tensi yang rendah dan ada yang tinggi. Dari informasi yang saya dapatkan dari sini bahwa kebanyakan dari pasien yang menderita penyakit insomnia

    BalasHapus
  3. Nama:oiy sapitri
    NIM:IKA20006
    KEGIATAN:Kegiatan hari ini tanggal 29 agustus pukul 9:00 lokasi di puskesmas seketeng unit 1 kegiatan sya membatu stap di poli umum untuk menuliskan riwayat sakit dari pasyen dan mambatu menensi pasyes" yang memeriksakan penyakit yang di deritanya dan yang saya lihat dari keluhan" pasyen yang memeriksakan kesehatanya kebanyakan mengeluh sakit tenggorokan dan demam

    BalasHapus
  4. Nama : Fauzi Shihab
    Nim : ika20009
    Lokasi : Puskesmas Unit 1 sumbawa Besar
    Hari/tanggal : selasa 29 Agustus 2023
    Waktu : 08:00-selesai
    Kegiatan : kegiatan saya pada hari ini membantu staf nakes di poli anak melakukan mengecek suhu pasien/anak" sekalian bersoaialisa dengan orang tua pasien menanyakan apakah ada keluarganya yang ada riwayat gangguannya jiwa.

    BalasHapus
  5. Nama : Wahyul izzah yulis sya'bani
    NIM : 1KA20007
    Lokasi Praktek : Puskesmas Unter Iwes
    *IDENTITAS PASIEN*
    Nama : Ismail
    Umur : 46 Tahun
    Jk : Laki-Laki
    Alamat : Desa Uma
    Diagnosi penyakit : Schizofrenia Paranoid
    Intervensi : Kondisi di lapangan pasien tidak mau di ajak berkomunikasi karna pasien tidak suka dengan kehadiran kita yang datang terlalu ramai.
    Sehingga kita hanya memberikan edukasi kepada keluarga agar selalu memperlakukan,dan berkomunikasi yang dengan baik dengan pasien.dan selalu mengingatkan pasien untuk rutin meminum obat.
    Dan kita juga melakukan koordinasi dengan kepala desa Uma beringin terkait jumlah ODGJ di desa uma bringin dan Nijang,alahmdulillah blm ada tambahan pasien ODGJ.
    Kita juga melakukan screening dan skoring untuk jenis SDQ di SDN Kerato.

    BalasHapus
  6. Nama : Yandress Umbu Kora Iki
    N I M : 1 KA20016
    Lokasi praktek: puskesmas unter iwes
    Kegiatan hari ini : mengunjungi pasien ke rumahnya tepatnya di kelurahan Uma beringin.,karena pasiennya kurang tenang, akhirnya kami tidak sempat berkomunikasi dengan pasien,kami hanya memberikan edukasi kepada keluarga agar selalu membantu memperhatikan pasien dalam konteks kesehatan.
    Setelah dari rumah pasien kami ke kantor desa Uma beringin untuk mencari tahu apakah ada odgj baru di sekitar keluarahan tersebut atau tidak.dari hasil diskusi bersama kepala Desa setempat ternyata tidak ada.
    Kegiatan berikutnya kami ke kantor desa nijang untuk melakukan hal yang sama yaitu mencari tahu apakah ada ODGJ baru dalam kelurahan tersebut atau tidak.dsri hasil diskusi ternyata tidak ada.,
    Kegiatan berikutnya kami membantu ibu bagian promkes jiwa dalam menghitung data atau memeriksa hasil scrining.

    BalasHapus
  7. Nama : Ita Lestari
    Nim: 1KA20002
    Lokasi Praktek: UPT Puskesmas Unter Iwes
    Hari/Tanggal: Selasa, 29 Agustus 2023
    Waktu: 08.30 - 13.15 WITA
    Lokasi: Uma Bringin
    Nama pasien: Tn. I
    Umur: 46 Tahun
    Diagnosa: Skizofrenia Paranoid
    Intervensi yang di lakukan: - Tn.I masih bisa diajak berkomunikasi sehigga saya bisa menanyakan perkembangan kondisi pasien secara singkat, dikarenakan pasien tidak suka dengan keramaian sehingga setelah saya menanyakan kondisi pasien langsung beranjak pergi. Kemudian saya menggali informasi kepada keluarga pasien mengenai faktor penyebab pasien mengalami gangguan jiwa, dan memberikan pemahaman kepada keluarga pasien untuk tetap mengawasi pasien dalam pemberian obat.
    - Berkunjung ke kantor desa Nijang, bertujuan untuk mencari informasi mengenai pasien ODGJ diwilayah Desa Nijang yang belum terdata di Puskesmas Unter Iwes.
    - Melakukan rekap data hasil Skrining siswa di beberapa sekolah dasar wilayah kerja UPT Puskesmas Unter Iwes.

    BalasHapus
  8. Nama: Bayu Indra tanata
    Nim 1KA20018
    Hari/tgl: Selasa 29
    Agustus 2023
    Lokasi1: puskesmas unit 1 Sumbawa
    Kegiatan: melakukan posyandu BSD di desa samapuin kec.sumbawa bersama ibu Weni dan teman2 dilanjutkan dengan bimbingan teknis pokjanal kabupaten dalam rangka penguatan Pokja posyandu didesa yang di hadiri oleh pihak dari dinas kesehatan kabupaten Sumbawa,Babinsa, babinkamtibmas, pihak puskesmas unit satu, kader posyandu psd dan dan teman kelas Akbar dan Dea .
    Kegiatan 2: mengunjungi pasien jiwa di kampung Bugis
    Nama pasien: ilham
    Usia:42
    Penyakit: skizofrenia
    Riwayat penyakit: yang di ceritakan oleh keluarga beliau penyakit Ilham berawal dari persaingan sodara Ilham pas masa perkuliahan.

    BalasHapus
  9. Nama : supriadi
    NIM : IKA20020
    Lokasi : puskesmas unter iwes, sumbawa
    Hari/tgl : selasa 29 agustus 2023
    Agenda kegiatan : mengantar surat permohonan izin kepada kepala desa kerato dalam pelaksanaan praktik belajar promosi kesehatan jiwa diwilayah hukum kerato serta meminta data baru terkait nama orang dengan indikasi gangguan mental yang belum terdata yang kemudian mengunjungi nama nama tersebut guna melakukan screening dengan menggunakan quisioner serta menyakan berbagai hal terkait kondisi pasien kepada keluarga terdekat yang dimana sejauh ini sangat kooperatif kepada kami, dengan itu kami memberikan beberapa kata semangat pada pasien serta edukasi pada keluarga pasien dengan dukungan dalam merawat serta memberi dorongan kepada pasien untuk merawat dirinya dan dukungan untuk sembuh dari keadaanya, yang terakhir kami melakukan penilaian sebagai itikad membantu pembimbing untuk melakukan screening yg sebelumnya sudah di data.

    BalasHapus
  10. Nama: Aldo Kawawu Eda
    NIM: 1KA20013
    Lokasi praktek: Puskesmas Unit 1 sumbawa Besar
    Hari/tanggal: selasa, 29 Agustus 2023
    Waktu: 08:00-selesai
    Kegiatan: kegiatan saya pada hari ini yaitu membatu staf nakes di TU, memberikan surat keterangan sakit kepada pasien yang mengambil surat keterangan.

    BalasHapus
  11. Nama : Lailatul Mutmainna
    NIM : 1KA20014
    Lokasi Praktek : Puskesmas Unter Iwes
    IDENTITAS PASIEN
    Nama : Inisial D
    Umur : 40 Tahun
    Jk : perempuan
    Alamat : desa kerato RT 02 RW 04
    Diagnosi penyakit : belum teridentifikasi
    Intervensi : melakukan screening terkait data baru yang dimana kami mendapatkan nama pasien , dalam kunjungan menemui pasien kami mendapati keadaan pasien cukup sehat dan terawat hanya saja sering merasa cemas dan suka berhalusinasi yang dimana menurut keluarga pasien hal itu sudah terjadi kepada pasien semenjak 4 tahun lalu, pasien juga perna dibawa berobat ke kota mataram namun setelah pengobatan diberhentikan pasien tidak mengalami perubahan ,hanya saja pasien sedikit tidak lebih agresif dari sebelumnya karena kondisi awal pasien sangat takut dengan keadaan ramai dan riuh hal ini menurut keluarga terjadi berawal dari korban yang depresi akibat meninggalnya sang ibu yang disusul oleh ponakan pasien tiga hari setelahnya sehingga pasien merasa stres dan depresi karena sebelumnya pasien sangat bergantung kepada ibunya dan sekarang pasien tingga di rumah bentuk pondasi semes yang sudah di cat plaster bersama dengan kakak kandungnya yang dimana keduanya juga sampai saat ini belum menikah,kendala dalam masalah kasus ini yaitu pasien tidak mau diwawancarai dan perlu pendekatan ulang secara berkala agar mudah dimintai keterangan terkait dirinya dan memberikan edukasi serta dukungan moral kepada keluarga dalam mendukung sefala upaya dalam pengobatan pasien nantinya selain itu tetangga yag diwawancarai juga merasa tidak terganggu dengan pasien namun berbeda dengan penghuni kost milik keluarga pasien yang merasa takut dengan pasien karena suka mengetuk pintu tiba tiba dan marah marah tidak tau sebabnya imbuh tetangga penghuni kost yang diwawancarai.

    BalasHapus
  12. Nama : Akbar
    Nim : 1KA20026
    Hari/Tanggal : Selasa, 29 Agustus 2023
    Waktu : 08.00 Selesai
    Lokasi : UPT PUSKESMAS UNIT I SUMBAWA BESAR
    Kegiatan : Jam 08.00 sya tiba di puskesmas langsung menemui teman-teman di lantai dua yg sedang komunikasi dengan salah satu perawatan, kemudian sya bersama teman-teman langsung bagi posisi sesuai piket yang sudah terjadwal saya masuk di poli umum bersama saudari Oiy Safitri. Jam 8.30 sya mengikuti posyandu bersama salah satu perawatan dan bersama dua rekan praktek sya saudara Bayu dan Dea setelah saya sampai di tempat posyandu BSD di salah satu kelurahan samapuin, langsung saya ikut membantu menyiapkan tempat untuk kegiatan posyandu. kemudian sya bersama Bayu beranjak memanggil masyarakat untuk mengikuti posyandu setelah itu kami kembali di tempat posyandu berlangsung setelah selesai posyandu kami lanjut mengikuti bimbingan teknis pokjanal kabupaten yang di hadiri oleh Dinkes kabupaten, pak lurah, Babinsa, Babinkantibmas, serta ibu" kader posyandu dan nakes puskesmas unit l Sumbawa Besar yang di adakan setelah kegiatan posyandu selesai.
    Kegiatan ke ll mengunjungi pasien ODGJ
    Nama pasien : I*M
    Umur : 42 Thun
    Jenis kelamin : Laki-laki
    Diagnosa penyakit : Pasien mengalami skizofrenia di sebabkan oleh persaingan pada saat masa perkuliahan
    Intervensi pasien : saya mencoba membantu memberikan obat dan mengajak bicara agar tidak memikirkan apa yang pernah di alami oleh pasien dan mengajak jalan itu adalah salah satu metode relaksasi yg sya berikan lalu sya antar di tempat tidur nya untuk beristirahat.

    BalasHapus
  13. Nama : Dea Sulastri
    NIM : 1KA20001
    Lokasi Praktik : Puskesmas Unit 1 Sumbawa Besar
    Kegiatan: membantu melaksanakan kegiatan posyandu di posyandu BSD sekaligus mencari informasi kepada kader posyandu mengenai keberadaan ODG di perumahan Bumi Samawa Damai dan menurut keterangan dari kader setempat bahwa tidak ada terdeteksi ODGJ ditempat tersebut, selanjutnya ikut membersamai kegiatan bimtek pokjanal bersama pembimbing lapangan untuk evaluasi kegiatan posyandu. Setelah kegiatan bimtek selesai, pembimbing lapangan mengajak untuk kunjungan kerumah salah satu pasien jiwa yaitu atas nama : Tn. I, Umur : 42 Tahun dan diketahui bahwa beliau mengidap penyakit Skizofrenia. Tn.I diketqhui bahwa telah mengidap skizofrenia sejak 18 tahun yang lalu yang dimana awal dari terjangkitnya skizofrenia yaitu akibat gagal dalam persaingan mengikuti salah satu tes dibangku perkuliahan. Intervensi yang diberikan yaitu berupa psikoedukasi kepada keluarga agar pasien tidak selalu merasa ketakutan dan tetap merasa tenang serta selalu memberikan semangat kepada pasien untuk tetap berbaur dengan keluarga agar tidak selalu menyendiri dan memantau pasien untuk tetap mengonsumsi vitamin yang diberikan oleh pihak puskesmas.

    BalasHapus
  14. Nama : Nindi Irwanti
    Nim : 1KA 20008
    Lokasi Praktek : Puskesmas Unter Iwes
    Hari/tgl : selasa, 29 agustus 2023
    Kegiatan hari ini: mengunjungi pasien yang sudah hampir 7 tahunan mengalami ganggauan jiwa,dan melakukan screening terkait data pasien,setelah itu kembali menanyakan ke tetangga yang ada disamping rumah pasien.

    BalasHapus
  15. Nama : Diangga Febriansyah
    NIM : 1KA20004
    Lokasi praktik : Puskesmas Unter Iwes
    Hari/tanggal : 29, Agustus 2023
    Identitas pasien
    Nama : Dahliah
    Umur : 40
    Jenis kelamin : Perempuan
    Alamat : Desa Kerato
    Diagnosa penyakit : Belum Terindikasi
    Kegiatan : Saya mengantar surat perizinan praktik promosi kesehatan jiwa ke kantor desa kerato, lalu menemui kepala desa dan lalu kami meminta data baru terkait orang yang belum terdata di Puskesmas yang terindikasi gangguan mental/ODGJ,kemudian mengunjungi rumah pasien dari nama tersebut yang di berikan dari kantor desa dan melakukan screening serta menanyakan kepada pihak keluarga pasien. Kami memberikan pemyemangat pada pasien dan edukasi kepada pihak keluarga terdekat untuk selalu memberikan dukungan dalam merawat dan menjaga pasien serta kami memberi dorongan kepada pasien untuk merawat diri agar mendapat kesembuhan. Kegiatan Saya yang terakhir membantu pembimbing yaitu penilaian/skoring di wilayah kerja SDN Kerato yang sudah terdata

    BalasHapus
  16. Nama : Dwi Yulliyanti
    NIM : IKA20021
    Waktu: Selasa, 29 Agustus 2023 pukul 11. 36 WITA
    Lokasi: Poli Jiwa RSUD SUMBAWA
    Nama Pasien: Rabiayah
    Umur Pasien : 53 tahun
    Diagnosa :Gangguan psikotik akut lainnya yang didominasi delusi.
    Kegiatan : Saya bertemu dengan kepala ruangan poli jiwa dan menanyakan kasus gangguan jiwa terbanyak yang ada di RSUD.
    Intervensi: memberikan edukasi kepada adik pasien
    tentang apa itu penyakit dengan gangguan jiwa, dan bagaimana cara menghadapi pasien dengan Gangguan psikotik akut lainnya yang didominasi delusi.

    BalasHapus
  17. Nama :Fitria Fadillah
    Nim : 1KA20003
    Lokasi praktek: puskesmas unter iwes
    Hari/tanggal: Selasa 29 Agustus 2023
    IDENTITAS PASIEN
    NAMA :I
    JK :laki-laki
    Alamat : desa Uma beringin
    Diagnosa penyakit : skizofrenia paranoid
    Kegiatan:

    BalasHapus
  18. Maaf ibu salah pencet, fitria mau tambah kegiatannya: melakukan scrining kepada keluarga pasien, dan lanjut bertanya-tanya kepada keluarganya kenapa bapak Ismail bisa gangguan jiwa, jawabannya karena stres, karena bapak itu sakit pas dia merantau di Batam belasan tahun, dan kondisi bapak itu masih si bisa di ajak bicara, tapi pas kita ke rumahnya tadi bapak itu ketakutan karena kita terlalu Rema. Setelah kita melakukan scirinng dan kunjungan ke rumah pasien, kita lanjut mengantar surat ke kantor desa Uma beringin dan bertanya apakah masih ada ODGJ yang belum terdata di sini selain yang udah terdata di puskesmas. Setelah ke kantor desa Uma beringin, disana belum ada tambahan ODGJ. kita lanjut mengantarkan surat lagi di kantor desa nijang dan melanjutkan bertanya apakah masih ada ODGJ disini yang belum terdata oleh puskesmas dan di desa nijang juga belum ada tambahan ODGJ. Setelah itu kita kembali ke puskesmas untuk melanjutkan kegiatan untuk melakukan scorin pada dat jenis SDQ di SDN KERATO.

    BalasHapus
  19. Nama:lombeng
    Nim :1KA20005
    Lokasi praktek:puskesmas unter iwes
    Hari/tanggal:29Agustus 2023

    Di awalai dengan apel pagi dan di lanjutkan dengan kunjungan rumah pasien odgj ,dan melakukan pendekatan kepada keluarga pasien,meberikan motivasi terhadap kluarga vasien,selanjutnya pengantaran surat ke kantor desa uma beringin dan berdiskusi dengan kepala desa dan mealakukan pengecekan data odgj, hasil dari data yang di puskesmas tidak ada data tambahan setelah melakukan pengecekan data odgh di kantor desa uma Beringin, dan selanjutnya melakukan pengecekan scrining di puskesmas unter iwes

    BalasHapus

HARI KETUJUH/MINGGU PRAKTIK DI DESA ONGKO

  SILAHKAN MAHASISWA MENULISAKAN KEGIATAN YANG DILAKUKAN SEPERTI YANG DI TULISKAN HARI SEBELUMNYA DI KOLOM KOMENTAR