Kamis, 31 Agustus 2023

HARI KEEMPAT: PRAKTIK PROMOSI KESEHATAN JIWA

 SILAHKAN MAHASISWA MENULIS UP DATE KEGIATAN 

TAMBAHKAN KENDALA YANG DI HADAPI DI LAPANGAN DAN SILAHKAN SEMUA MAHASISWA MENGIKUTI FORMAT PENULISAN LOK BOOK YANG DI INFORMASIKAN PADA SAAT PEMBEKALAN. 

16 komentar:

  1. Nama: Ita Lestari
    Nim: 1KA20002
    Lokasi Praktek: UPT Puskesmas Unter Iwes
    Hari/Tanggal: Kamis, 31 Agustus 2023
    Waktu: 07.30-13.00 WITA
    Identitas Pasien: Tn. N (19 th) dan Tn. D (23th)
    Alamat: Boak
    Kegiatan: - Apel Pagi bersama Staf PKM
    - Silaturahmi dan koordinasi dengan Kepala Desa Boak terkait Penambahan pasien ODGJ diwilayah Boak
    - Kunjungan Ke rumah beberapa Pasien di wilayah Boak
    Intervensi: - memberikan semangat dan dukungan kepada keluarga pasien sebagai langkah membantu mempercepat proses pemulihan pasien dan memberikan edukasi kepada keluarga mengenai pengawasan dalam pemberian obat.
    - melakukan screening kepada tetangga pasien An. Tn D ( 23 tahun) boak dalam. Yang bertujuan untuk memastikan kondisi tetangga sekitar rumah pasien dalam waktu 30 hari terakhir.

    BalasHapus
  2. Nama : nurmayani
    Nim : ika17006
    Lokasi : RSUD Sering Sumbawa
    Hari/tanggal : kamis,31 Agustus 2023
    Waktu : 11.00-selsai
    Kegiatan : kegiatan saya lakukan untuk hari ini bertemu dengan perawat dan dokter jiwa.kami membahas tentang bagaimana cara melakukan promkes jiwa di masyarakat,bisa dilakukan dengan media sosial dan terjun langsung ke masyarakat, tapi perawat dan dokter lebih sering melakukan promkes dengan melalui media sosial seperti Facebook.
    Selain kamibahas bagaimana melakukan promkes jiwa,kami juga melakukan pngecekan pasien ranap jiwa, mengecek kondisi pasien untuk hari ini apakah ada perkembangan atau tidak.

    BalasHapus
  3. Nama : Diangga Febriansyah
    NIM :1KA20004
    Lokasi Praktik : Puskesmas Unter Iwes
    Hari/Tanggal : Kamis, 31 Agustus 2023
    Identitas pasien
    Nama : Meli Karisma Dewi
    Umur : 29
    Jenis Kelamin : Perempuan
    Alamat : RT 02 / RW 01 Desa Boak
    Diagnosa Medis : Schizofrenia
    Intervensi : Memberikan Edukasi kepada keluarga dan pasien tersebut,serta keluarga memberikan dukungan dan pola rutin memberikan obat terhadap pasien agar pasien bisa sembuh, dan kegiatan yang kami lakukan ke kantor Desa dan bertemu kepala desa serta bertemu dengan pasien yang lainnya. Setelah itu membantu menginput data SRQ

    BalasHapus
  4. Nama:lombeng
    Nim :1KA20005
    Lokasi praktek:puskesmas unter iwes
    Hari/tanggal:31Agustus 2023
    Di mulai dengan apel pagi dan di lanjutkan dengan pengantaran surat ke kantor desa boak,dan di lanjutkan dengan kunjungan rumah pasien odgj, mengobrol dengan pasien dan membeikan edukasi wawancara trhadap keluarga pasien dengan mengingatkan jadwal minum obat dan melanjutkan kunjungan rumah odgj di boak dalam,kemudian selanjutnya melakukan scrining di puskesmas unter iwes

    BalasHapus
  5. Nama: Riska Pebrana
    Nim: 1KA20022
    Lokasi praktek: Puskesmas unit 1 Sumbawa
    Hari/Tanggal: 31 Agustus 2023
    Kegiatannya: Berkunjung ke rumah pasien dan memberi tau kepada keluarga pasien bahwa besok kami akan melakukan pemeriksaan

    BalasHapus
  6. Nama: Aldo Kawawu Eda
    Nim: 1KA20013
    Lokasi Praktek: Puskesmas Unit 1 Sumbawa Besar
    Kegiatan: pergi ke Pak RT Seketeng dan RT Bukit permai bersama PJ Jiwa dari puskesmas unit 1 sumbawa besar, untuk meminta izin untuk melakukan sosialisasi kepada ODGJ dan keluarganya,
    Dilanjutkan dengan berkunjung ke rumah ODGJ untuk kontrak waktu melakukan sosialisasi kepada keluarga ODGJ

    BalasHapus
  7. Nama :
    Nim :
    Lokasi praktek :
    Hari/tanggal :
    Kegiatan

    BalasHapus
  8. Maaf ibu ke pencet lagi
    Nama : Fitria Fadillah
    Nim : 1KA20003
    LOKASI praktek : UPT Puskesmas unter iwes
    Hari/tanggal : 31 Agustus 2023
    Kegiatan : kegiatan hari ini kami mengantarkan surat ke kantor desa boak, setelah kita mengantarkan ke kantor desa boak, kita lanjut mengunjungi pasien di boak luar, dan kita lanjut lagi mengunjungi rumah rumah pasien kedua di boak dalam, saya langsung skrining ibu pasien dan bertanya mengenai keadaan pasien, dan kondisi pasien masih bisa di kontrol dan di awasi oleh keluarga, pasien juga masih bisa di ajak bicara.

    BalasHapus
  9. Nama : Nindi irwanti
    Nim : 1KA20008
    Lokasi : UPT Puskesmas unter iwes
    hari/tgl : kamis,30 agustus 2023
    Kegiatan hari ini: melakukan koordinasi kepada kepala desa boak dikantor desa boak,kemudian menunjungi slalah satu rumah pasien ogdj diboak dan mngujungi rumah tengagnya
    Identitas pasien
    Nama : Insial M
    Umur : 29 tahun
    Jk : perempuan
    Alamat : Boak A
    Diagnosa penyakit: Schizofrenia
    Intervensi : Memberikan edukasi kepada keluarga agar lebih disemangati anaknya yang sedang mengalami gangguan jiwa,pasien juga lebih dalam mengalami trauma sehingga keluar rumahpun takut karena cemas berlebihan. Kurangnya percaya diri sehingga pasien takut bersosialisasi. memberikan semangat terhadap pasien supaya bisa pulih dan rutin minum obat.

    BalasHapus
  10. Nama : Sanita Angriani
    Nim : 1KA20011
    Lokasi : Puskesmas Unit 1 sumbawa Besar
    Hari/tanggal : kamis 31 Agustus 2023
    Waktu : 10:00-selesai
    Kegiatan : kegiatan yang saya lakukan hari ini berkunjung kerumah pasien bersama staf kesehatan dalam rangka pengenalan diri ke pasien dan pihak keluarga. Setelah itu berdiskusi dengan staf kesehatan untuk merencanakan kegiatan apa yang dilakukan untuk turun langsung dalam memberikan edukasi kepada pihak keluarga

    BalasHapus
  11. Nama:oiy spitri
    NIM:IKA20006
    KEGIATAN:Kegiatan pada hari kamis tanggal 31 agustus adalah turun ke lapangan untuk memberitahun kan warga dan kepadaa RT bahwa kita akan melakukan sosialisasi kepada warga kegiatan akan dimulai pada besok sore dan lusa sore karna pada waktu sore warga baru ada kegiatan luang

    BalasHapus
  12. Nama: Bayu Indra tanata
    Nim :1KA20018
    Hari/tgl: Kamis 31 Agustus 2023
    Lokasi: PKM unit 1 Sumbawa
    Kegiatan: melakukan kunjungan bersama Dea, Akbar, yang di temani oleh PJ jiwa pak Julian
    Nama pasien:nana
    Usia:31
    Penyakit:isos HDR
    Riwayat penyakit: sering menyendiri susah berbaur dengan lingkungan sekitar pasien suka menundukkan kepalanya bila diajak berbicara suara pasien pelan jadi sulit untuk di ajak berinteraksi.

    BalasHapus
  13. Nama : Akbar
    Nim : 1KA20026
    Hari/Tanggal : Kamis, 31 Agustus 2023
    Waktu : 08.00 Selesai
    Kegiatan : Meminta data pasien di bulan ini di salah satu poli remaja karena di minta oleh pak Julian selanjutnya kami membagi tugas untuk turun bersama pak Julian kemudian sya bersama rengekan yg lain di antarkan oleh pak Julian mengunjungi salah satu pasien berikut
    Nama : Nana
    Umur jenis kelamin : perempuan
    Alamat : 31 th
    Diagnosa : Isos (HDR)
    Intervensi : saat dilakukan wawancara pasien menunduk tidak ada kontak mata saat dia ajak berinteraksi dan pasien tidak mampu memulai pembicaraan akhirnya langkah pertama yg saya lakukan mendekati perlahan mencoba ajak bermain dan menghibur pasien.

    BalasHapus
  14. Nama : Dea Sulastri
    NIM : 1KA20001
    Hari/tgl : Kamis/ 31 Agustus 2023
    Pukul : 08.00 WITA
    Lokasi Praktek : Puskesmas Unit 1 Sumbawa
    Identitas Pasien
    Inisial Pasien : Ny. N
    Jenis Kelamin : Perempuan
    Unur : 31 tahun
    Diagnosis : ISOS HDR ( Isolasi Sosial ) (Harga Diri Rendah)
    Kegiatan : melakukan kunjungan rumah ke pasien Ny. N yang dimana beliau terdiagnosa ISOS HDR, gejala yang terlihat dari ISOS HDR ini yaitu dimana si pasien cenderung susah tidur, malas berbicara dengan orang sekitar bahkan dengan keluarga, dan ketika diajaj berbicara pasien cenderung menunduk dan tidak ada kontak mata, ketika berbicara pesien terkesan lambat dan pelan. Untuk hari pertama berkunjung kerumah pasien Ny. N masih dianggap sebagai tahap perkenalan walaupun saya sempat memberikan edukasi singjat kepada kekuarganya dikarenakan kondisi PJ Jiwa yang masih ada jadwal di UGD
    sehingga tidak bisa untuk berlama lama mengunjungi rumah pasien lainnya juga. Setelah kegiatan berkunjung kerumah pasien dilanjutkan dengan meminta data terbaru pasien yang kemungkinan beresiko ODGJ di poli anak dan poli remaj dan lansiaa, dan dari data tersebut bahwa terdapat 11 data pasien terbaru yg memiliki diagnosa ODGJ dari ketiga poli tersebut.
    Intervensi : memberikan edukasi singkat kepada keluarganya agar tetap memberikan semangat kepada si pasien dan juga tetap mengajak berbaur bersama keluarga dan mengajak bicara pasien agar pasien dan memotivasi pasien untuk rutin minum obat.

    BalasHapus
  15. Nama : Wahyul izzah yulis sya'Bani
    NIM : 1KA20007
    Hari/Tgl : Kamis,31 Agustus 2023
    Kegiatan : Setelah melakukan apel rutin,saya bersama teman-teman dan ibu jelly selaku pemegang program jiwa di UPT Puskesmas UI langsung bergegas menuju Kantor desa Boak Guna berkoordinasi dengan kepala Desa Boak dan melakukan kunjungan rumah pasien ODGJ di desa boak.
    sembari teman" mahasiswa lain berkoordinasi dengan kepala Desa,saya dan yandres menemani ibu jelly,pak salim dan bidan desa untuk melakukan kunjungan rumah pasien baik yang sudah terdata atau pun blm terdata oleh UPT Puskesmas UI,kami melakukan kunjungan kepada 2 pasien yang sudah terdata dan 2 pasien yang belum terdata yang beridentitas:
    Nama : Nopan
    Umur : 20 Tahun
    JK : Laki-laki
    Diagnosa: schizofrenia
    Intervensi : memberi himbauan kepada pihak keluarga agar selalu membujuk dan mamfasilitasi pasien agar tetap rutin minum obat dan pasien labih sering di ajak berkomunikasi sebagai langkah peningkatan respond dan menghindari pasien melamun guna mempercepat penyembuhan.

    Nama : Dian Ramda
    Umur : 23 Tahun
    Jk : Laki-Laki
    Diagnosa : GMO (F068)
    Intervensi : saya memberi edukasi kepada tetangga tentang pentingnya dukungan dari lingkungan sosial bagi kesembuhan pasien.

    Nama : Azhari
    Umur : 52 Tahun
    Jk : Laki-laki
    Diagnosa : blm ada diagnosa pasti
    Intervensi : Menghimbau keluarga agar pasien mau di bawa ke RSJ untuk di periksa dan mendapatkan perawat khusus oleh Nakes.

    Nama : Rukyanti
    Umur :47 Tahun
    Jk: Perempuan
    Diagnosa :Belum ada diagnosa pasti
    Intervensi : Menghimbau keluarga agar pasien mau di bawa ke RSJ untuk di periksa dan mendapatkan perawat khusus oleh Nakes.

    2 pasien Yang baru terdata dan menjadi temuan kami hari ini alhamdulillah sudah mendapat titik terang terkait dengan dukungan keluarga untuk pasien di rujuk ke RSJ,yang insyaallah akan di rujuk pada hari Sabtu,2 September 2023

    BalasHapus
  16. Nama : Dwi Yulliyanti
    NIM : IKA20021
    Waktu: Kamis, 31 Agustus 2023 pukul 14.16 WITA
    Lokasi: RSUD Sumbawa
    Nama Pasien: Bima Firmansyah
    Umur Pasien : 22 tahun
    Diagnosa : psikotik akut
    Intervensi: memberikan edukasi kepada orang tua pasien yang datang menjenguk anaknya
    tentang apa itu penyakit psikotik akut, bagaimana cara untuk menghadapi pasien tersebut dan memberi support kepada keluarga pasien

    BalasHapus

HARI KETUJUH/MINGGU PRAKTIK DI DESA ONGKO

  SILAHKAN MAHASISWA MENULISAKAN KEGIATAN YANG DILAKUKAN SEPERTI YANG DI TULISKAN HARI SEBELUMNYA DI KOLOM KOMENTAR